Minggu, 04 Oktober 2009

Browsing nyaman tanpa iklan

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang yang satu ini, tapi buat yang belum tahu mudah-mudahan bisa berguna. Bagi yang merasa kurang nyaman browsing-browsing ketemu iklan popup atau sejenisnya, sangat disarankan (kalau boleh saya bilang wajib) untuk menginstall plugin AdBlock Plus pada browser Firefox kalian.

Kalau sudah install plugin yang satu ini, dijamin semua jenis iklan tidak akan muncul. Tidak perlu lagi membayar hanya untuk browsing nyaman tanpa iklan. Plugins bisa didownload di situs resmi Plugins Mozilla.


Dulu saya sempet bingung kok tidak ada orang yang pasang iklan adsense lagi ya? Apakah sudah engga ngetrend lagi ya? Ehh ternyata iklannya sudah diblokir duluan sama si Adblock Plus. Trus browsing-browsing kemanapun saya sama sekali tidak ketemu yang namanya iklan popup, adsense (dan yang sejenisnya), dan berbagai jenis iklan yang kadang bisa membuat illfeel.

Iklan memang penting bagi si empunya website, tapi iklan yang berlebihan akan membuat user merasa terganggu. Bagi pemilik website, kreatiflah menempatkan iklan. Eh kalau kreatif menempatkan iklan sudah pasti ya, maksud saya kreatiflah dalam menampilkan iklan.

Misal menampilkan iklan Adsense, Adsense mania pasti sudah tahu agar menampilkan iklan Adsense sebisa mungkin agar tidak terlihat seperti iklan (desain dan warna menyatu dengan halaman website). Contoh yang lain Facebook, iklannya tidak terlalu menggangu dan sudah ditulisi Advertisement pula, jadi user tahu apakah itu info atau iklan.

” People don’t read web page, People scan web page ” – Steve Kruge

Kembali ke Adblock Plus, secara default plugin Adblock Plus ini tidak memblokir iklan-iklan PPC dari Indonesia, jadi harus secara manual dinambahkan ke block list-nya Adblock Plus. Oiya, plugin ini juga sangat berguna untuk menghindarkan kalian dari mengeklik iklan Adnsense kalian sendiri.

Pernah saya mengunjungi sebuah blog yang begitu saya buka kok halaman kosong, begitu saya buka pakai Chrome … ehhh ternyata blognya isinya hanya iklan . Blog berisi iklan itu tidak apa-apa, saya juga melakukannya kok (di blog lain), tapi kalau blog yang isinya cuma iklan …. , mungkin itu adalah dummy blog.

Oiya, saya juga sangat tidak suka sama yang namanya iklan Pop-up. Bagi yang belum tahu apa itu Pop-up, Pop-up itu adalah halaman yang muncul dengan sendirinya. Tiba-tiba saja “jreng, jreng, jreng” muncul menutupi pandangan Anda. Tapi ada juga yang muncul di belakang jendela. Pokoknya yang namanya iklan Pop-up saya tidak suka. Biasanya saya nemu iklan pop-up kalau pas lagi browsing di situs-situs download atau torrent, tapi sekarang sudah tidak masalah lagi karena Adblock Plus.

Kurang jelas juga apakah Adblock Plus ini tidak mendownload iklan, atau hanya tidak menampilkannya (tetap di download hanya saja tidak ditampilan). Kalau iklan Adblcok Plus ini tidak mendownload iklan, wahhh … sangat berguna sekali bagi yang browsing berdasarkan volume pemakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar